NawirFikri

Biaya untuk Menggelar PIALA DUNIA 2014 Berapa? Inidia

Ditulis Oleh life is te way pada Selasa, 03 Juni 2014



Nawirfikri - Halo sore sahabat2ku, kali ini saya akan berbagi info tentang total dana untuk menggelar piala dunia 2014.
 Sebagai sebuah turnamen akbar, Piala Dunia memakan biaya yang tak sedikit. Angka 14 miliar dollar AS (sekitar Rp 165,2 triliun) Wow banyak ya ...

Jumlah tersebut merupakan perkiraan dana yang dihabiskan oleh pemerintah Brasil untuk menggelar Piala Dunia 2014. Piala Dunia 2014 pun menjadi Piala Dunia yang menelan biaya paling mahal, melebihi Piala Dunia 2006 yang menghabiskan 6 miliar dollas AS.

Sebagian besar dari dana yang dihabiskan digunakan untuk perbaikan infrastruktur pendukung serta renovasi stadion. Untuk stadion, Reuters melansir pemerintah Brasil menghabiskan dana sebesar 3,68 miliar dollas AS (sekitar Rp 43,4 triliun).

Dari 12 stadion yang akan digunakan, tujuh di antaranya adalah stadion baru. Sementara lima stadion lainnya merupakan stadion lama yang direnovasi.

Sementara itu, untuk perbaikan infrastruktur pendukung, dana yang dihabiskan oleh pemerintah Brasil diperkirakan menyentuh angka 11 miliar dollas AS yakni sekitar (Rp 129,8 triliun). Perbaikan sarana transportasi --mulai dari bandara, jalan, kereta, serta bus rapid transit (BRT). untuk melayani para turis yang akan menyaksikan pertandingan Piala Dunia menjadi perhatian utama pemerintah Brasil.

Pemerintah Brasil juga mengalokasikan dana sebesar 900 juta dollar AS (sekitar Rp 10,6 triliun) untuk keamanan. Dengan dana sebesar itu, Piala Dunia 2014 pun diklaim sebagai salah satu event olahraga yang paling terlindung sepanjang sejarah. 

Pemerintah Brasil menyiapkan 150.000 personel kemananan profesional yang akan bekerjasama dengan 20.000 personel keamanan dari pihak swasta. Langkah pengamanan yang disiapkan oleh pemerintah Brasil juga meliputi sistem pengenalan wajah serta robot kemanan tanpa awak.

Tingginya biaya yang harus dikeluarkan oleh pemerintah Brasil itu kemudian memunculkan gelombang protes dari warganya. Rata-rata rakyat Brasil mengkritisi pelaksanaan Piala Dunia di tengah kondisi negara yang sedang dalam kesulitan ekonomi.

Sementara itu, FIFA diperkirakan mengeluarkan dana sebesar 2 miliar dollar AS yakni sekitar (Rp 23,6 triliun) untuk perhelatan putaran final Piala Dunia 2014. Pengeluaran terbesar FIFA, yaitu sebesar 576 juta dollar AS (sekitar Rp 6,79 triliun), digunakan untuk hadiah yang akan diberikan kepada 32 negara peserta. Jumlah itu naik 37 persen jika dibandingkan dengan Piala Dunia 2010.

Sang juara dunia akan membawa pulang hadiah uang sebesar 35 juta dollar AS (sekitar Rp 413 miliar), atau lima juta dollar lebih banyak daripada hadiah empat tahun lalu. Sementara tim runner-up akan mendapat hadiah sebesar 25 juta dollar AS yakni sekitar (Rp 295 miliar).

Sebelum turnamen, tim-tim peserta juga akan mendapat dana persiapan sebesar 1,5 juta dollar AS yakni sekitar (Rp 17,7 miliar). FIFA juga akan mengalokasikan dana sebesar 70 juta dollar AS untuk klub-klub yang pemainnya ikut serta di Piala Dunia dan 20 juta dollar AS untuk sepakbola Brasil.

0 komentar:

Posting Komentar